Tuesday, February 18, 2014 \\ 0 comment(s)
Mungkin sangat sulit untuk kebanyakan orang dengan meminta maaf dan memaafkan. Dear, menurutmu lebih mudah mana... memaafkan? ato meminta maaf? tentu jauh lebih sulit memaafkan. Namun ngga sedikit dari kita lebih menuntut keorang lain buat meminta maaf, bahkan jika perlu meminta maaf secara terbuka didepan publik. Padahal meminta maaf itu kan sikap yang sangat wajar dilakukan oleh orang yang udah bikin kesalahan. Sementara memaafkan merupakan sikap yang amat sulit dilakuin.

Astaghfirulloh....

Tau ngga sih salah  satu karakteristik takwa adalah sifat pemaaf, yaitu memaafkan orang lain, bukan meminta maaf. Firman-Nya: Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (QS. Ali Imran/3: 133-134).

Maka setiap muslim yang menginginkan kemuliaan dengan derajat taqwa mesti membiasakan diri untuk mudah memaafkan sesamanya. Baginya tidak ada kata “tiada maaf bagimu”. hehehe...
Ingatlah, orang yang sulit memaafkan tidak akan memperoleh kemuliaan justru malah ketidaktenangan karena diliputi rasa kebencian. Sebaliknya, orang yang tulus memaafkan akan memperoleh kemuliaan, terhindar dari rasa kesal dan sesal, dan yang terpenting menjadi aset untuk meraih kedudukan taqwa:)

Lalu bagaimana ceritanya... kalo kita sudah meminta maaf tapi dicuekin? Ato permintaan maaf kita dianggap kurang tulus? Kalo itu semua sudah kita lakukan semata-mata karena takut siksa Allah, kewajiban kita insyaAllah sudah lepas, walaupun yang bersangkutan tidak mau memaafkan. Tinggal kita memperbanyak berdoa untuk kebaikan orang tersebut. Bahkan kalau perlu kita terlebih dahulu memaafkan kesalahan orang tersebut kepada kita (jika ada).

Jika itu semua sudah dilakukan dan kita tak kunjung dimaafkan, maka ya sudah tuntaskan di akhirat. » #berat

Labels: , ,




Layout by ©RISKADPERTIWI. Resources from one, two, three and four. All Rights Reserved.